December 23, 2016

Tentang Perubahan Kecilku

Assalamu'alaikum teman-teman sekalian!

Kali ini aku mau sharing aja, syukur-syukur tersirat tips-tips yang bisa menginspirasi hehe. Aku mau cerita tentang perubahan kecil aku. Sebenernya tadinya malu mau sharing tapi siapa tau ada yang mengalami perasaan yang sama kaya aku ini jadi siapa tau lah ya bisa bermanfaat.

Jadi alhamdulillah beberapa bulan terakhir ini aku udah berusaha pakai rok atau gamis dan memanjangkan kerudung, hampir di setiap aktivitasku. Yang setiap hari ketemu aku atau suka liat instagram aku pasti tau ya hehe. Kalo yang jarang ketemu jangan kaget yaa. Sebenernya niat ini udah kepingin banget direalisasikan dari tahun lalu. Tapi entah mungkin ternyata niatnya ngga sepenuh hati ditambah alesan klasik yaitu malu dan takut dicengin kalo pakai rok (jangan diikutin ya, kalo niat ya laksanakan atuh hehe)

Kalo ditanya awalnya kenapa terpikirkan niat tersebut kenapa ya? Hahaha. Namanya juga anak medsos, buka instagram, explore sana sini, terus ngga sengaja nemu akun selebgram yang pakaiannya syar'i. Dari situ juga akhirnya nemu akun-akun quotes Islami yang ngajak berhijrah. Lama-lama kepikiran juga. Aku selama ini memakai kerudung, udah bertahun-tahun. Tapi kok ya begini-begini aja, ngga ada perubahan ke arah yang lebih baik gitu. Kalo dari sikap dan tingkah laku juga, duh masih jauuuh dari kata baik deh. Aku malu. Aku berpikir, harus ada kemajuan ngga boleh gini-gini terus.

Akhirnya aku ngumpulin niat buat pakai rok. Nyisihin uang saku buat beli rok, gamis, dan kerudung panjang yang praktis karena aku males ribet-ribet. Nah itu udah mulai beli-belinya dari tahun lalu. Tapi langsung dipakai? Engga. Ya yang tadi aku bilang, malu. Aku dikenal sebagai anak yang tomboy, kalo pakai baju biasanya pake kaos panjang, jeans, sneakers. Udah. Tiba-tiba jadi feminin pakai rok segala, apa kata dunia kan? Duh maju mundur lagi niatnya.

Tapi di awal tahun 2016 ini, aku semakin tertampar setiap baca akun-akun Islami, dan iri liat ademnya para selebgram syar'i pakai gamis. Dan memang, setelah dikaji berulang-ulang, pake jilbab itu ada aturannya. Pakai jilbab itu ke seluruh tubuh, mengulurkan kain kerudung ke dada. Boleh dicek di surat Al Ahzab ayat 59 dan An Nur ayat 31. Kalo memang begitu yang diperintahkan, aku harus menunda sampai kapan lagi? Mau sekadar membungkus aurat apa beneran menutup aurat? *sigh*


Akhirnya sekitar bulan Februari atau Maret, aku mulai coba pakai rok. Kerudungnya pakai bergo sederhana tinggal slup yang menutup dada, atau kalo pakai kerudung paris ya dijulurin aja ke bawah, ngga dilempar atau dililit ke belakang lagi. Kadang kerudung parisnya didobel karena nerawang. Awalnya emang ngga gampang. Belum terbiasa, dan bener aja, omongan dari orang-orang macem-macem banget. Ada sih yang bilang cantik, bagus, jadi feminin. Tapi ada juga yang bilang ribet, sok alim, sok kaya anak MIPA, ngga cocok lah, dan lain-lain yang kadang bikin bete juga.

Tapi masa digituin doang nyerah. Tetep lanjut lah. Aku biasain aja setiap hari, sok pede, walaupun cuma punya beberapa pasang baju dan rok yang bisa di-mix and match. Hahaha. Alhamdulillah, orang tuaku seneng liat aku pakai rok dan gamis. Apalagi ayah yang emang udah kurang lebih 2 tahun terakhir rajin kajian dan mulai menerapkan sunnah, mendukung aku untuk berpenampilan seperti ini seterusnya. Dan mamah yang udah cape liat tampilan tomboy aku, jadi seneng anaknya cantik pake rok.

Aku inget saat itu juga aku memutuskan untuk mengeluarkan semua koleksi celana jeans aku. Daripada nanti ngeliat terus gatel pakai lagi, jadi aku keluarin dari lemari dan ngga tau sekarang dimana udah dikasih orang mungkin. Udah mulai penuh juga kan sama rok dan gamis baru hehe. Yap, jadi aku udah ngga punya celana jeans. Yang kupunya sekarang tinggal celana training dan celana bobo.

Alhamdulillah, makin kesini makin terbiasa dan malah makin nyaman. Lebih ngerasa sederhana tapi terjaga. Aku ngga ngebayangin kalo disuruh pakai jeans lagi sekarang, panas ngetat gerah berat hiiih. Penampilan begini juga ternyata ngga bikin ribet kok. Aku juga masih bisa pakai backpack dan sneakers hehe. Masih kece pokoknya mah. Lagian aku juga harus maintain diri aku terus biar jangan sampai mundur lagi. Paling ngga, aku udah berusaha melaksanakan perintah Allah dengan benar. Insya Allah ya, amiiin.

Memang aku belum sepenuhnya pakai hijab syar'i. Seperti yang aku bilang di awal, hampir di setiap aktivitasku. Aku masih suka olahraga, jadi aku masih pakai celana training saat jogging, ataupun pakai legging saat bermain hockey. Dan kerudungnya mau ngga mau aku lilit lagi. Tapi aku berusaha mengurangi porsinya sih, dan berpikir untuk pakai rok-celana biar tetep syar'i (masih cari referensi nih, serius).

Kalo dibilang aku udah baik? Ya masih jauh lah yaa. Apa dengan tampilan begini aku lebih baik dari temen-temen yang lain? Ya ngga lah. Aku masih terus berusaha dan belajar untuk memperbaiki yang lain. Tapi dengan penampilanku yang seperti ini, kadang aku jadi mikir ulang tiap ngelakuin sesuatu. Apa pantes? Apa ngga malu? Yah semoga dengan perubahan kecilku ini, akan menyusul perubahan-perubahan baik lainnya ya, dan ngga cuma dari tampilan luarnya aja, dalemnya juga dong hihi. Pokoknya semoga we all will be better and better everyday. Amiin!


Sekian dulu sharing kali ini, Wassalamualaikum :)

*

4 comments:

  1. waaah, alhamdulillah ya ka. do'a in aku cepet nyuul ya kaa..
    (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Semangat jadi lebih baik vaa

      Delete
  2. Mangaaat sa LANJUTKAN, btw thanks bgt loh blog gw udah di feature-in di blog lo wkwk kalo di wordpress caranya gimana yah #gaptek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong harus semangat fan kalo engga mah maju mundur pendiriannya huhu. Coba di add link gitu gabisa ya, bikin wordpress ah biar tau haha

      Delete

What do you think?