August 28, 2016

Finally graduated as bachelor of economics!

Long time no see since May! Iya jadi kemarin gw ceritanya vakum ngeblog gara-gara fokus rampungin skripsi. Daaaaan, alhamdulillah! Sekarang gw udah lulus dan jadi sarjana! Rasanya sampe sekarang agak gak percaya sih, ternyata gw bisa melalui semuanya. Yah boleh lah ya, gw berbagi bercerita sedikit tentang 'perjuangan' gw untuk bisa lulus kuliah, mumpung belum terlalu basi.

Oh iya, buat yang belum tau, gw ini mahasiswi jurusan akuntansi angkatan 2011. Harusnya sih kalo 4 tahun pas lulusnya tahun 2015 ya. Tapi karena satu dan lain hal, jadinya tertunda satu tahun hehe. Gapapa sih, gw kan maunya lulus di waktu yang tepat, bukan tepat waktu. Lagian 4 tahun tuh kayanya terlalu sebentar, secara gw kan cinta kampus banget.. Haha ngeles mulu deh gw kaya bajaj.

Setahun lalu, jaman temen-temen angkatan gw skripsi dan gw belum, gw sampe mikir kok temen-temen pada stres banget sama skripsi, sampe ada yang nangis-nangis. Nah, di jurusan gw itu buat lulus harus melalui 3 tahapan sidang: seminar proposal, seminar hasil, baru skripsi + kompre. Lumayan horror kan? Yang paling horror itu katanya seminar proposal, banyak yang 'diabisin' sama dosen penguji disitu. Dan kayanya paling banyak tingkat ketidaklulusannya dibanding tahapan sidang lain. Kalo gak lulus seminar proposal, ya harus ngulang lagi dan gak bisa lanjut ke seminar hasil.

Alhamdulillah, gw dikasih berkah lulus di tiap tahapan, tapi... Iya ada tapinya. Ternyata Allah sayang banget sama gw dan mungkin Dia percaya gw ini hamba-Nya yang bisa kuat. Jadi gw dikasih tes pas sidang skripsi. Kalo diitung-itung, gw sidang skripsi itu sampe 3 minggu lamanya. Salah satu dosen penguji gw sakit pas hari H, jadilah dipending. Terus minggu depannya libur lebaran (ekspektasi lebaran udah kelar sidang jadi belum tenang hikhik), jadilah dipending lagi sampe dapet kabar dosen penguji gw yang sakit itu udah siap buat menyidang gw. Setelah akhirnya rampung disidang oleh ketiga penguji, gw masih harus nunggu hasil sidang gw yang (cuma bisa) diumumin sama kaprodi akuntansi. Dan kaprodi gw saat itu sakit, jadi nunggu beliau sembuh dulu untuk ngumumin. Daaan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. Hari dimana akhirnya gw diumumin kalo gw lulus! Say whaat? Alhamdulillah :))))

Jadiiii, akhirnya gw ngerti banget kenapa dulu temen-temen gw skripsi sampe nangis-nangis. Ternyata ya emang bikin emosional banget lah skripsi itu.. Jujur, 3 minggu dipending itu rasanya nano-nano banget. Tiap hari deg-degan tidak berujung, mikir udah negatif terus, pokoknya macem-macem deh. Sampe beberapa kali nangis soalnya rasanya kaya digantungin gitu gimana sih ya.. Sempet iri sama anak-anak lain yang sidangnya sehari aja langsung diumumin lulus terus selesai deh. Kenapaaaa gw gak kaya gitu.. Yah tapi semuanya udah lewat, kalo dipikir-pikir sekarang sih gw lebay banget. Tinggal ikhlas tawakal nunggu aja kenapa mesti se-worried itu.. Yah tapi ambil hikmahnya aja lah, pasti Allah punya cerita baik di balik itu semua, ya salah satunya gw udah tenang dan bersyukur banget karena udah lulus sekarang :D

Banyak pelajaran yang diambil dari masa-masa jadi pejuang skripsi. Skripsi itu bukan selalu soal pinter aja loh.. Bukan berarti si A pinter, terus skripsinya bakal lancar terus. Pinter juga ada ngaruhnya sih, tapi menurut gw yang utama adalah kemauan dan niat. Pokoknya kalo lo lagi skripsi itu harus punya motto maju terus pantang mundur dan jangan menyerah. Kalo perlu jangan kasih kendor. Apalagi kalo udah ketemu 'feel' ngerjainnya, pas lagi lancar-lancarnya jemari-jemari menyusun kata demi kata, itu harus dijaga terus. Eits tapi jangan diforsir terus juga. Jangan lupa refreshing biar otak sama badan fresh terus.. Terus juga mesti banget nyetok sabar dan mental baja yang banyak dalam menghadapi rintangan selama skripsi salah satunya dari dosen pembimbing. Apalagi kalo yang susah ditemuin, susah ngasih ttd, ngasih banyak revisi. Terus pas sidang misalnya dapet dosen penguji yang super killer, tenang don't panic, selama lo nguasain betul materinya, insyaAllah bisa dilewatin. Oh iya, belum lagi selama skripsi jadwal tidur udah pasti fix berantakan.

Wah kalo dijelasin satu-satu, banyak dan panjang banget ya hal-hal yang dialamin selama masa-masa skripsi. Yang jelas, lega dan seneng banget akhirnya bisa ngelewatin semuanya. Akhirnya bisa bikin mamah senyum hahahaha. Mungkin gw lebay juga ya nyeritain skripsi sampe begini, tapi ya ini yang gw rasain. Mungkin bagi orang lain gampang, but it wasn't that easy to me.. Betapa sulitnya ngerjain skripsi ditambah masih ada kewajiban latihan hockey sampe akhirnya hockey nya sempet dikalahin dulu hampir sebulan (curcol banget ini).

Unfortunately, gw gak ada foto-foto pasca sidang atau apapun karena ada drama pending itu jadi males dan enggan buat foto hahaha. Adanya foto pas dikasih balon SE sama sobat-sobat kesayangan, dan foto selfie abis yudisium.



Pokoknya yang lagi skripsi, semangat terus yaaa!! Semoga dikuatkan dan dilancarkan oleh Allah. Amiin :)