March 17, 2016

Trip to Belitong Island

Assalamualaikum semuanya! Langsung aja mau sharing tentang trip gw ke Pulau Belitung alias Negeri Laskar Pelangi nih. Yang pasti seru banget, jadi pengen share serunya juga ke para pembaca hehehe. Yoo kita let's go!

Jadi gini awalnya. Pertengahan Januari kemaren mamah nawarin gw ikut open trip gitu ke Belitung tanggal 9-11 Maret. Gw iya aja tanpa pikir panjang. Fyi saat itu kita gak tau loh bakal ada gerhana matahari. Jadi niatnya emang beneran jalan-jalan, bukan liat gerhana.

Qadarullah, semingguan sebelum gw berangkat, gw drop. Sampe harus medical check up segala yang udah diulas di post sebelumnya. Ayah sempet ngelarang gw buat pergi, tapi gw pikir sayang banget tiketnya udah dibeli jauh-jauh hari, dan mamah udah terlanjur excited mau ngetrip bareng gw. Akhirnya sisa hari sebelum keberangkatan gw bener-bener rest total biar tanggal 9 Maret bisa berangkat.

Hari yang ditunggu tiba. Abis subuh, gw dan mamah berangkat menuju Bandara Soetta naik Damri dari Terminal Kp Rambutan. Tentunya pamit dulu sama ayah tercinta, dipesenin "Jangan pecicilan" sama "Obatnya udah dibawa semua kan". Hehe tenang aja yah. Alhamdulillah tolnya lancar jaya, soalnya tadinya ketakutan bakal macet karena jam berangkat kerja. Sampe di bandara langsung sarapan di AW. Abis itu check in deh. Oya kita naik Sriwijaya Air, beli tiketnya sekitar 900ribu udah PP Jakarta-Tanjung Pandan. Gak sampe sejam udah sampe loh, agak kaget liat bandaranya yang imut-imut lucu gitu alias kecil. Tapi gw sukaaa liatnya, terus gak cape jalannya. Keluar langsung parkiran. Sampe disana kita dijemput sama tour guide, namanya Om Joe. Selain gw dan mamah juga ada orang-orang lain. Jadi selama tiga hari itu kita bakal segrup bareng-bareng terus.

Jadi trip hari pertama, kita ke SD Muhammadiyah Gantong, Museum Kata Andrea Hirata, Kampung Ahok, Vihara Dewi Kwan Im, Pantai Burung Mandi, dan Pantai Tanjung Pendam.

SD Muhammadiyah Gantong, tempat Ikal alias Andrea Hirata bersekolah dulu. Syuting Laskar Pelanginya juga disiniii..

Museum Kata Andrea Hirata, yang katanya jadi Indonesia First Literary Museum. Museumnya unik banget! Isinya sastra dan seni banget. Rasanya pengen foto di tiap sudutnya saking uniknya.. Jadi isinya ada karya-karyanya Andrea Hirata yang udah ditranslasi ke beberapa bahasa, terus ada juga foto-foto dari film Laskar Pelangi. Banyak spot menarik yang gak bisa dilewatin untuk diabadikan pokoknya hehe.

Pak Gubernur Ahok itu orang asli Belitung loh hehe, jadi tempat tinggalnya dulu dinamain kampung Ahok deh.. Dan di sebrang plang ini ada rumahnya Pak Ahok beneran. Rumahnya gede loh.

Vihara Dewi Kwan Im. Tangganya banyak, tapi tetep si mamah pecicilan naik ke atas. Oya hati-hati banyak anjing disini hahaha. Bagus juga untuk spot foto.

Pantai Burung Mandi. Waktu ke pantai ini langsung speecless kegirangan karena seneng bisa liat pantai lagi, mana pantainya bagus pula.. Ihiy

Sunset di Pantai Tanjung Pendam. Bagus yah, cuma gw gak pinter ambil fotonya nih hehe. Abis sunset kita ngopi cantik di pinggir pantai. Asik bingit lah pokoknyaaa

Hari pertama kelar, kita istirahat di hotel deh. Untuk hotel, gw nginep di Hotel Pondok Impian. Standar si tempatnya, ada AC, dapet breakfast paginya, ada wifi tapi di restonya aja. Kalo buat istirahat aja cukup banget lah, harganya juga terjangkau.

Hari kedua, itinerary-nya ngeliat gerhana matahari di dermaga/pantai Tanjung Kelayang, terus hopping island ke beberapa pulau, snorkeling, ke Pantai Tanjung Tinggi tempatnya syutingnya Laskar Pelangi, sunset di Pantai Lor In, terus malemnya belanja oleh-oleh.

Sasana di dermaga Tanjung Kelayang pas gerhana matahari. Kayanya ini menjelang total deh soalnya udah gelap gitu. Oya rame banget banget bangeeet waktu itu loh udah kaya nonton konser apa tau. Tapi pas gerhana total, gw sama mamah merinding sambil nyebut-nyebut. Betapa besar kuasa-Mu ya Allah..

Abis liat gerhana, lanjut snorkeling dan hopping island. Sayangnya, gw sama mamah gak ikut snorkeling jadi cuma nunggu aja di perahu. Kalo gw sih takut ngedrop aja, kan snorkeling tuh cape banget, udah gitu panas banget lagi haha. Dan jujur, gw sih agak risih dan gak terlalu prepare buat basah-basahan. Kalo mamah sih nemenin gw katanya, kasian huhu. Untuk hopping island gw gak inget itu fotonya dimana aja, yang gw inget gw ke pulau Lengkuas, pulau Pasir, pulau Batu Berlayar, terus lupa deh apalagi hahaha.. Banyak deh, ke empat atau lima pulau gitu kalo gak salah. Dan semuanya baguuuussss..

Hari ketiga, wisata kuliner makan mie atep khas Belitung, ngeliat tugu batu satam yang katanya jadi icon di kota Belitung, terus ke rumah adat Belitung dan Danau Kaolin. Abis itu beberes buat pulang dan ke bandara.. Jujur di hari ketiga ini kayanya gw kecapean karena hari kemarennya yang padet, akhirnya drop walopun gak parah, masih bisa ditahan kok..

Danau Kaolin, terbentuk dari sisa-sisa penambangan dan eksploitasi alam.

Oya info aja nih, jadi paket trip yang gw ikutin ini bayarnya 600ribu, itu udah sama hotel dua malem (dapet breakfast), 4x makan (siang & malam hari pertama & kedua), air mineral 1 botol/hari, masuk ke tempat-tempat wisata, alat snorkeling, dan akomodasi. Ok lah pokoknya. Kalo ada rating gw kasih bintang 4/5. Minusnya cuma satu, orang-orang di rombongan gw ini cowo-cowonya ngerokok semua. Secara gw gak tahan banget sama asep rokok kan.. Niat mau refreshing kan cari fresh air, gak jadi fresh gara-gara asep rokok hiks :(

Tapi gw seneng banget lah ya bisa ikut ngetrip kali ini. Walopun gak sempet nyobain snorkeling, dan lebih banyak jadi fotografer sukarela, menurut gw liburan kali ini cukup menyenangkan dan worth it. Kagum tiada henti sama ciptaan Allah yang indah banget, masya Allah. Kalo inget-inget pantai di Belitung yang bagus banget tuh rasanya jadi pengen senyum-senyum sendiri. Maklum, gw jarang banget ke pantai. Terakhir ke pantai itu bulan September 2015 di Yogya. Dan sepertinya gw udah teracuni virus jalan-jalan nih. Niatnya mau nabung buat jalan-jalan. Siapa sih yang gak suka jalan-jalan, iya gak? ;)

Satu lagi, ini sih cuma tips dari gw aja.. Kalo ke Belitung kudu bawa sunglasses dan pake sunblock, soalnya panas banget haha.. Gw yang udah pake sunblock dan gak snorkeling aja pulang-pulang iteman hiks (ini beneran sedih sih). Plus kipas biar gak gerah. Begicu :D